Kamis, 24 Desember 2009

25 Desember Natal kah? Tradisi Nasrani asli kah?




Assalamualaikum

Wah hari ni 25 Desember hari merah ni ,lumayan bisa istirahat panjang, Kan sekarang juga ada Libur Baru Cuti bersama tuh tanggal 24 Desember , jadi tambah panjeng dehh. Mungkin tahun depan Pemerintah bakal nambah Cuti bersama lagi dari tanggal 23 atau malah 22 desember, biar tambah lama liburnya , heeeee (maunya)

Sekarang nggak bahas libur liburnya, ane mau mbahas natal dikit sihhh, tentang misterinya dan intrik didalamnya. DISINI NIATAN ANE BUKAN UNTUK SARA, MENJUSTIFIKASI ATAU MEMBUAT KONTROVERSI, TAPI PENGEN TAHU JA DAN MENAMBAH PENGETAHUAN PEMBACA TENTANG FAKTA YANG DITUTUPI. JIKA ADA YANG TERSINGGUNG MAAF YA ………..Lets cekidot ja….

Ni artikel bersumber dari wikipedia


“Natal (dari bahasa Portugis yang berarti "kelahiran") adalah hari raya bagi umat Kristen. Dalam hari ini yang jatuh pada tanggal 25 Desember, kelahiran Yesus Kristus diperingati. Meski para pakar dewasa ini sepakat bahwa Yesus kemungkinan besar sebenarnya tidak lahir pada hari ini, hari kelahirannya tetap dirayakan pada tanggal 25 Desember. Hal ini dibuktikan dengan cerita adanya para gembala yang sedang menggembalakan hewan peliharaan mereka. Pada bulan Desember - Januari, di daerah Timur Tengah, justru mengalami musim dingin, sehingga sangat tidak masuk akal untuk menggembalakan hewan pada waktu-waktu tersebut.

Dalam tradisi barat, peringatan Natal juga mengandung aspek non-agamawi. Sebagian besar tradisi Natal berasal dari tradisi pra-Kristen barat yang diadopsi ke dalam tradisi Kristiani. Selain itu, peringatan Natal dalam tradisi barat (yang kian mendunia) ditandai dengan bertukar hadiah antara teman dan anggota keluarga serta datangnya Santa Claus atau Sinterklas.”
wikipedia Indonesia

Menemukan suatu kejanggalan ???. disitus seresmi dan sebesar wikipedia ini memberikan statemen yang kontroversi untuk perayaan Natal. Katanya masih sangat diragukan bahwa hari natal yaitu kelahiran sang mesias Yesus (dalam keyakinan ane beliau adalah Nabi Isa As ,Putra Maryam ) adalah tanggal 25 Desember. Bukti pun sudah ada yaitu factor alam, pada desember januari (diduga rentang kelahiran Yesus ) adalah musim dingin, tidak mungkin ada penggembala yang menggembalakan dombanya (dalam Injil diisyaratkan, Yaitu tatkala ‘Isa bnu Maryam dilahirkan, para gembala sementara menjaga kawanan ternaknya pada malam hari. Mana mungkin ada gembala yang berani menggembalakan ternaknya di malam hari, di udara luar yang terbuka, dalam pertengahan musim dingin , nggak nyambung kan…???)


MISTERI PERTAMA
mengapa 25 Desember yang dipilih untuk tanggal kelahiran??

tentang ini terdapat spekulasi dan kayaknya logis. Sesungguhnya tanggal 25 Desember itu adalah hari lahirnya dewa Mithras, hari munculnya dewa Matahari. Ini diambil alih dari kebiasaan di Barat dalam merayakan “munculnya matahari” yang selalu mereka rayakan sebelum mereka memeluk agama Nashrani. Nahh ini strategi Misionaris (sang penyebar nasrani ) supaya bangsa Pagan dan barat memeluk Nasrani maka Budaya pagan sebelumnya diadobsi (cerdik kann??). Setelah mereka memeluk agama Nashrani pesta itu dimurnikan maknanya menjadi tanggal untuk memperingati lahirnya “Sang Matahari” yaitu Yesus Kristus yang datang ke dunia ini sebagai “Terang Dunia” seperti dikatakan Injil Yohanes 1:1-18.



Dewa Matahari Mithras , Mitrhas adalah Dewa bangsa Persia Paganisme. diduga 25 Desember adalah kelahirannya




Horus (Dewa Mesir kuno) dan Jesus (dianggap Tuhan Kaum Nasrani), mempunyai kisah hidup sama, dilahirkan oleh perawan suci dan akhirnya didewakan ,, ada yang berpendapat


Lantas kapan dan tanggal sebenarnya Yesus atau Isa AS dilahirkan, Wallahu a’lam Bisowab ( Namun Alqur’an juga mengisaratkan lahirnya Isa AS pada saat Pohon Kurma ranum buahnya, kapan tuh???)

MISTERI KEDUA

statemen Wikipedia tadi yaitu : “peringatan Natal mengandung aspek non-agamawi. Sebagian besar tradisi Natal berasal dari tradisi pra-Kristen barat yang diadopsi ke dalam tradisi Kristiani “. Ada yang mau berpendapat ?? Kalo ni bener bener fakta gann,Adobsi tradisi itu adalah strategi untuk menarik Non Nasrani supaya mau memeluk agama nasrani karna berpikir agama nasrani sama dengan agama sebelumnya. Adobsi tradisi yang kental misal Pohon natal, santa Claus ,tradisi Paskah ,etc banyak sekali.

Liat ja di timur tengah emang da Pohon natal dari pinus tu?? Yang ada pastinya pohon kurma. Kalo asli Nasrani betlehem ya pohon natalnya ya dari Kurma. ini jadinya :




Trus santa Claus, emm gila bener ni ketahuan tradisi barat, enggak asli nasrani dehh, kalo santa asli nasrani pasti pake baju timur tengah dan naik unta, ngak kayak sekarang . bajunya mantel dan pake rusa terbang. Ehh nggak ada di betlehem kayak gitu


ya ni sekelumit ASPIRASI ALIEPATI. SAYA ULANGI LAGI INI BUKAN SARA ATAU INGIN JUSTIVIKASI ,SAYA HANYA INGIN SHAREKAN MISTERI YANG KADANG DITUTUPI

WALLAU A'LAM BISSOWAB

3 komentar:

Juhniarto Roma Tandipasau mengatakan...

agak terseinggung gw.. tapi gak pp deh... :)

Bang Tho mengatakan...

ha...ha..ha...ooo begitu rupanya...

Anonim mengatakan...

haha..yaa org2 yg berakal akan tau kebenaran nya tp bnyak yg berakal tp mereka ttp menolak nya