Kamis, 08 April 2010

FOURSQUARE, Jejaring Sosial baru Unik,mengalahkan koprol, Gowalla dan brightkite. Bagaimana dengan FaceBook?


Assalamualaikum

Wahh, maaf temen temen semuanya, HUFFFHH aq udah lama nggak update My Lovey Blog, Hiks hiks, hikssss, terus aqu Kangen lagi ngeblogg nihhh. Ternyata Perkembangan Dunia Maya sangat Pesat Ni khususnya situ sjejaring sosial, ada yang Tumbang seperti Friendster, Ada Yang jadi Raja Kayak FaceBook dan Twitter, Dan Juga ada Yang baru lahir dan tumbuh yaitu FourQsuare, Hemmm Masih asing ya ditelina temen temen...ni pengen bahas situs jejaring sosial ni nihhh.


DOMINAN PADA JEJARING LOCATION - BASED

FourSquare adalah situs Jejaring Sosial Berbasis Lokasi, Uniknya, di sini kita bisa melihat siapa saja anggota lain yang sedang berada di lokasi yang sama. Jadi bisa dibilang saling mempertemukan secara fisik para anggotanya gitu. Karena Situs ini berbasis Lokasi yang selalu Mobile, maka memang diarahkan pada pengguna Mobile, baik Handphone, iphone, BlackBerry dan Mobile Gadget lainnya. terus cara permainannya Kita Check In Ke suatu Tempat, misal cafe, toko Hotel dan kita share ke teman lainnya dan jika eruntung disekitar kita ada teman maya kita. Selain itu kita bisa berkesempatan untuk mendapat reward dari Cafe atau tempat tersebut, sangat unik sekali kan.

Sebenarnya ini bukan hal yang baru dalam dunia maya, karena memang sudah banyak layanan internet yang menggunakan Basis ini seperti GOWALLABRIGHTKITE, bahkan ada situs jejaring khusus Indonesianya bernama KOPROL.



KOPROL, BRIGHT KITE dan GOWALLA. Pesaing 4SQUARE 


Dalam persaingan diatas ternyata, 4SQUARE lah yang memenagnkan pertarungannya. Hal ini bisa dikarenakan pada  fitur rewarding yang ada. Sebuah fakta yang hampir tak terbantahkan bahwa pengguna 4SQUARE suka sekali memperebutkan badge yang ada di layanan tersebut. Fitur ini pula yang masih menempatkan 4SQUARE sebagai pilihan jika dibandingkan dengan layanan luar serupa. KOPROL, BRIGHT KITE dan GOWALLA memiliki kesamaan. Mereka masih kurang fitur yang membuat pengguna kembali menggunakan layanan mereka. Lack of reward. Fitur inilah yang harus segera dikembangkan oleh para pesaing 4square. 




FACEBOOK LEBIH UNGGGUL?

Lalu bagaimana jika dibandingkan dengan raksasa pertemanan sekarang ini? FaceBook. Hem ni nih analisa saya sendiri aja ya. checkidot... 

menurut ane keduanya mempunyai Pasar sendiri dan lumayan berbeda karakteristiknya. FaceBook mempunyai penggemar yang menurut ane lebih Luas, yaitu pengguna yang suka menjalin pertemanan, networking bahkan sampe pacaran, Ngobrol ( chating) , salin bertukar Gambar, selain itu dilengkapi berbagai aplikasi yang sangat banyak mulai dari game sampai gadget  dan banyak sekali sampai sampai menjadi sebuah fenomena yang unik di facebook ini.

Sementara FourSquare, penggunanya terbilang orang yang suka jalan jalan, shoping , going out bareng temen temen. Mekipun banyak juga yang hobinya seperti itu. namun tak seluas peminat facebook yang hampir segala umur, hobi, dan gender. Namun konsp reward ini lah sedikit menjadi kelebihan 4square untuk menariuk jiwa petualang penggunanya. 

Dari segi konten, FaceBook lebih unggul dari vaiasi konten, aplikasi gadget nya. sangat banyak sekali yang bis dieksplore dari aplikasi facebook. sementara 4square juga punya kelebihan tersendiri, yaitu konten yang mengasah jiwa traveling penngunanya ini adalah konsep yang sangat menarik.

Secara umum, menurut saya butuh effort yang keras bagi 4square untuk menghancurkan kerajaan facebook, pada saat ini ( kita ndak tahu ntar ada yang lebih top lagi kan, dunia maya cepat berubah). Karena dari segi Market dan koten yang ditawarkan facebook lebih merajai. itulah hal yang sulit dilakukan oleh 4square yang penggunanya dari kalangan yang cukup segmented. begitulah analisa aliepati...


CONTOH UPDATE DARI 4SQUARE, BISA BERUPA CHECK IN. MEMPEROLEH REWARD  BERUPA BADGE ATAU MENJADI MAYOR


 


 

17 komentar:

ureh mengatakan...

wow..lengkap bener penjelasannya gan, ke TKP dulu

ALIEPATI mengatakan...

silakan gan
seru gan temanya

Anonim mengatakan...

Silakan gan. menark kan

Anonim mengatakan...

silahkan gan...ayo gan..seru lho gan.....Emang DEGAN..?

hendrie k_bejo mengatakan...

mantaf nice Info sob !

aliepati mengatakan...

tapi facebook tk sekarang ni masih susah dtumbangkn

eurobillion mengatakan...

nice blog

media pendidikan mengatakan...

tengkyu infonya sob.
sukses selalu, emang ngeblog tuh ngangenin banget..

runingsmansev mengatakan...

o0o

gambutku mengatakan...

makin banyak saja ya situs jejaring sosial.:D

aliepati mengatakan...

ya semuanya saling, tiap tiap layanan membuat inovasi tersendiri gan. kita juga semakin termanjakan, heee

Ferdinand mengatakan...

Wah kebetulan aku udh tau Sob....

FB aja seminggu sekali update'y apalagi aku bikin akun FourSqure hhe.....
ga tau kenapa udh bosen sm Social Networking hhe....

mikelle mengatakan...

Hello friend, have a beautiful weekend :)

mikelle mengatakan...

Hello friend, have a beautiful weekend :)

aliepati mengatakan...

@ ferdinand, hahaah udah kecapekan ya fren, emang seeh kalo dirasa social networking bisa mengotakkan hidup kita ( udah jadi rutinitas gitu, ada efek negatifnya ya..)

@ mikelle, ok guys, happy weekend tooooo

ridwan mengatakan...

waduh... udah bosan ama jejaring sosial :D

Aliepati mengatakan...

wawh. dah sadar ya ridwan....